Koordinasi Bidang Aset Dengan BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat Tentang Penyajian Neraca Aset

0
39

Bidang Aset- Melakukan koordinasi dan konsultan ke BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat terkait penyajian Neraca Aset berdasarkan Permendagri No 108 Tahun 2016 Tentang Pengolongan Dan Kodefikasi Barang Milik Daerah, BAB VII Ketentuan Peralihan Pasal 9 bahwa Pengolongan dan Kodefikasi Barang Milik Daerah dilakukan Paling Lambat 3 (tiga) tahun sejak Peraturan Menteri ini diundangkan.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 03 Maret 2019 sampai dengan 06 Maret 2019

Penatausahaan barang milik daerah meliputi kegiatan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan. Tertibnya penatausahaan barang milik daerah dapat sekaligus mewujudkan pengelolaan barang milik daerah yang tertib, efektif, dan optimal.

Pelaporan barang milik daerah disusun menurut neraca yang terdiri dari aset lancar, aset tetap dan aset lainnya.  Pelaporan barang milik daerah dilakukan melalui pencatatan barang milik daerah yang berada dibawah penguasaannya ke dalam daftar barang pengelola, pengguna barang dan kuasa pengguna barang menurut penggolongan dan kodefikasi barang.

Penggolongan dan kodefikasi barang milik daerah bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan pengelolaan dan penatausahaan barang milik daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here